Soal Usbn Bahasa Indonesia Sd Kelas 6 Terbaru Berikut Kunci Balasan

FAST DOWNLOADads
Download
 Contoh soal latihan ujian USBN Bahasa Indonesia SD Kelas  Soal USBN Bahasa Indonesia SD Kelas 6 Terbaru Berikut Kunci Jawaban
Contoh soal latihan ujian USBN Bahasa Indonesia SD Kelas 6 terbaru sesuai kisi-kisi berikut dengan kunci balasan 2018. Soal USBN B Indonesia Kelas 6 SD ini sebagai teladan untuk kalian yang akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional / USBN. 

Bagi kalian yang belum sempat melaksanakan USBN  atau ujian susulan mungkin soal ujian bahasa Indonesia ini sangat membantu.

Soal USBN Bahasa Indonesia SD Kelas 6

Sesuai kisi-kisi sekarang soal USBN terdiri dari soal pilihan ganda dan terdapat soal uraian/essai. Contohnya pada soal USBN Bahasa Indonesia ini terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian atau essay.

40 Soal Pilihan Ganda

Bacalah teks di bawah ini untuk soal nomor 1-4!

Herbarium Bogoriense Koleksi 900.000 Tumbuhan 

Indonesia dikenal negara dengan keanekaragaman hayati (kehati) tinggi. Namun sayangnya, masih banyak kekayaan hayati Indonesia yang belum terungkap. Disadari bahwa eksplorasi kehati memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Meskipun sudah melaksanakan aneka macam ekspedisi, namun masih banyak kekosongan yang harus diisi lewat penelitian.

LIPI gres saja merampungkan kegiatan ekspedisi, di antaranya di Mekongga, Sulawesi Tenggara; Lengguru, Papua barat; Enggano, Bengkulu; serta Tambora, Nusa Tenggara Barat. Tahun depan lanjut Enny, UPI akan melaksanakan ekspedisi ke Papua dan Sulawesi Barat. “Begitu besar kekayaan Indonesia, kita perlu banyak lakukan penelitian.” Ujarnya. UPI dikala ini me!alui koleksi Herbarium Bogoriense yang bangun tahun 1841 mengoleksi 900.000 tumbuhan, Zoologi UPI yang bangun 1819 mengoleksi 3 juta spesimen dan di Indonesia Culture Collection yang diresmikan tahun 2014 mengoleksi bakteri, kepang dan mikroalgae.

Kepala Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Witjaksono menyampaikan untuk itulah LIPI melaksanakan penelitian terhadap kehati Indonesia. Prose
Disadur: http://lipi.go.id/

1. Makna kata hayati pada teks tersebut adalah.....
A. Makhluk tak hidup
B. Makhluk hidup
C. Makhluk yang tidak bernafas
D. Makhluk yang tidak berkembangbiak

2. Sinonim kata merampungkan pada teks tersebut adalah......
A. menyelesaikan
B. melaksanakan
C. memberikan
D. membersihkan

3. Informasi yang terdapat pada paragraf kedua teks tersebut adalah......
A. Kegiatan eksplorasi kehati memerlukan dana yang tidak sedikit.
B. Kegiatan ekspedisi yang dilakukan oleh UPI ke aneka macam kawasan di Indonesia.
C. UPI melaksanakan penelitian terhadap kehati Indonesia yang prosesnya diawali eksplorasi, koleksi, identifikasi dan karakterisasi.
D. Kegiatan ekspedisi sering dilakukan oleh LIPI namun masih banyak kekosongan yang harus diisi melalui penelitian.

4. Kalimat utama pada paragraf pertama teks tersebut adalah......
A. Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang kurang banyak.
B. Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang sedikit.
C. Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang terbatas.
D. Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi, tetapi masih banyak yang belum terungkap.

5. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

(1) Andi ialah anak yang cerdas dan sederhana. (2) Tak heran kalau dirinya selalu mendapat peringkat pertama di kelasnya. (3) Beberapa kali juga ia sempat mewakili sekolahnya dalam ajang perlombaan cerdas cermat ataupun olimpiade sains. (4) Ia juga sering memboyong banyak tropi dalam beberapa event perlombaan homogen Lomba Cepat Tepat (LCT). (5) Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdekaan RI ahad lalu.

Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut ditunjukkan dengan nomor......
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

6. Bacalah teks wawancara berikut!

Pewawancara : “Kira-kira sudah berapa tahun menjadi dokter gigi?”
Narasumber : “Saya sudah menekuni pekerjaan ini dan tahun 1993.”
Pewawancara : “Mengapa dokter menentukan membuka praktek di perkampungan ini?”
Narasumber : “Saya merasa prihatin, banyak warga yang ingin mengusut giginya tapi harus jauh-jauh ke kota dengan ongkos yang tidak sedikit.”
Pewawancara : “Selama menjadi seorang dokter gigi, apa risiko yang pernah dialami dalam menangani pasien?”
Narasumber : “Setiap pekerjaan niscaya ada risikonya. Saya pernah menangani pasien yang pada dikala itu sedang kelelahan, namun ia tetap ingin mencabut gigi. Saat saya ingin suntik tiba-tiba beliau pingsan.”

Topik pada teks wawancara tersebut adalah......
A. risiko menjadi dokter gigi
B. menangani pasien sakit gigi
C. menekuni pekerjaan dokter gigi
D. pengalaman seorang dokter gigi

7. Bacalah iklan berikut!

Berani Terima Tantangan Sabun Pencuci ini?
Tunggu Saya di Kotamu!

Pernyataan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah......
A. Hanya dengan sabun pencuci ini, noda segera hilang.
B. Pembersih ini mendapat tantangan dengan adanya noda baru.
C. Masyarakat Iebih suka memakai pembersih ini.
D. Promosi sabun pencuci akan diadakan di kota Anda.

Bacalah teks di bawah ini untuk soal nomor 8-9!

Lingkungan ialah sesuatu yang berada di luar atau di sekitar makhluk hidup. Lingkungan merupakan tempat tinggal bagi semua makhluk hidup. Melestarikan Iingkungan merupakan kebutuhan yang tidak sanggup ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan tanggung jawab kita semua. Setiap orang harus melaksanakan perjuangan untuk menyelamatkan Iingkungan di sekitamya sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Di sekolah, seluruh warganya mulai dan kepala sekolah, guru, karyawan dan juga siswa harus menjaga kelestarian !ingkungan sekolah semoga sanggup beraktivitas dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian Iingkungan ialah menjaga kebersihannya. Disadur dan: (http://bloq.igi.or.id)

8. Ide pokok pada teks tersebut adalah......
A. Kebersihan Iingkungan merupakan tanggungjawab petugas kebersihan.
B. Menjaga kebersihan Iingkungan merupakan tanggungjawab kita semua.
C. Lingkungan yang higienis ialah kebutuhan bagi semua orang.
D. Kebersihan Iingkungan menciptakan beban warga negara semakin bertambah banyak.

9. Pernyataan yang sesual dengan isi teks tersebut adalah......
A. Menjaga kelestarian Iingkungan hanya akan menambah pekerjaan setiap warga negara.
B. Lingkungan yang higienis memerlukan biaya yang mahal
C. Kebersihan Iingkungan merupakan kiprah dan kewajiban pemerintah.
D. Menjaga kelestarian Iingkungan dengan cara menjaga kebersihannya merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan warganya.

10. Bacalah kedua teks berikut ini!

Teks I
Sehari sesudah banjir bandang yang menewaskan dua warga di Tanah Sareal Kota Bogor, warga sekitar masih stress berat dan mengungsi ke rumah kerabat yang dianggap Iebih aman. Beberapa rumah yang diterjang banjir bandang masih belum dibersihkan karena khawatir banjir bandang susulan kembali terjadi kalau hujan deras turun.

Teks II
Hujan deras disertai topan mengakibatkan tiga rumah di Desa Sukarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, rusak parah tertimpa pohon tumbang. Hujan lebat semenjak Sabtu sore itu, juga mengakibatkan Sungai Padarincang meluap setinggi 40 sampai 50 sentimeter. Luapan sungai tersebut juga merendam Sekolah Menengah Pertama Yasa Padarincang dan sejumlah rumah di Kampung Padarincang, Desa Sukarasa.

Disadur dari new.liputan6.com. 

Persamaan dan kedua teks tersebut adalah......
A. Hujan deras yang melanda kedua kawasan tersebut yang mengakibatkan pohon-pohon tumbang.
B. Musibah banjir yang melanda kawasan tersebut akhir meluapnya sungai Padarincang.
C. Musibah banjir yang sama-sama menewaskan 2 orang warga.
D. Musibah banjir yang melanda kedua kawasan tersebut.

11. Perhatikan teks di bawah ini dengan cermat!

Khasiat dan Manfaat Buah Manggis

Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu buah yang sangat banyak mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat berkhasiat bagi kesehatan badan kita. Ekstrak dan kulit buah manggis ini mempunyai banyak manfaat yang berkhasiat untuk menyembuhkan aneka macam macam-macam penyakit.

Kulit buah mangis atau ekstrak kulit buah manggis mengandung Xanthone, Penelitian menunjukkan, xanthone meiniliki sifat: antidiabetes, antikanker, antiperadangan, hepatoprotektif, meningkatkan kekebalan tubuh, aromatase inhibitor, antibakteri, antiplasmodial, antifungi, dan mempunyai acara sitotoksik.

Xanthone juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Staphylococcus aureus ialah salah satu kuman yang banyak terdapat pada makanan, Bakteri ini ada di mana-mana, dan di badan insan terdapat di kulit tangan, hidung, dan mulut. Dan ia sangat gampang mengontaminasi. Bakteri ini memproduksi toksin yang stabil terhadap pemanasan, tahan terhadap acara pemecahan oleh enzim-enzim pencernaan, dan relatif resisten terhadap pengeringan. Ia juga memproduksi hemolisin, toksin yang sanggup merusak dan memecah sel-sel darah merah. Selain itu kulit buah manggis mengandung mangostin. Mangostin merupakan tipe gres dari histarnin.
Mangostin yang merupakan hasil isolasi dan kulit buah manggis mempunyai acara antiinflamasi dan anti oksidan. Disadur dan: (https://www.borobudurherbal.com)

Pokok pikiran pada paragraf kedua adalah......
A. Khasiat dan manfaat kulit manggis
B. Manfaat xanthone untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor
C. Kandungan yang terdapat pada kulit buah manggis atau ekstrak kulit buah
D. Mangostin yang merupakan hasil isolasi dan kulit buah manggis mempunyai acara antiinflamasi dan anti oksidan

Bacalah Cerita berikut untuk menjawab soal nomor 12-15!

Kerja Sama Mempertahankan Kemerdekaan

“Makan siang telah siap! Ayo Pak makan dulu. Ini nasi bungkusnya.” “Terima kasih Nak, wah, makan yummy hari ini?” “Bapak harus segera makan, supaya cukup mempunyai tenaga untuk membawa Pak Sudirman bergerilya”. “Terima kasih Nak, Bapak makan dulu, ya!” Itulah sekelumit percakapan antara Udin dan Pak Hasan yang terjadi di sela-sela pertempuran antara pasukan Jenderal Sudirman melawan Belanda. Pak Hasan ialah prajurit Pembela Tanah Air atau PETA yang bertugas mengusung tandu yang dipakai Jenderal Sudirman dikala bergerilya keluar masuk hutan dan daerah
perbukitan.

Udin ialah seorang anak berumur sepuluh tahun yang tidak lagi bersekolah sebab gedung sekolah rakyat di desanya di kawasan Ambarawa telah hancur terkena serangan mesiu pasukan Belanda. Ia kesannya membantu para sukarelawan di dapur umum,mengaduk nasi, membantu membungkus, dan membagikannya pada para pejuang gerilya. “Pasukan... Siaap... Keadaan genting!” Pasukan Belanda terus mendekat. “Cepat, kita harus terus bergerak masuk hutan” Pak Hasan segera meletakkan nasi bungkus yang gres setengah ia nikmati. Ia dengan sigap menyiapkan tandu yang segera akan ia usung membawa Jenderal Sudirman berjuang mempertahankan kemerdekaan. Udin hanya sanggup terkesima, ha bergegas merapikan sisa-sisa nasi dan kembali ke dapur umum untuk melanjutkan tugasnya.

12. Informasi tersurat pada dongeng tersebut......
A. Jendral Sudirman ialah pejuang yang bergerilya melawan pasukan Belanda.
B. Pak Hasan ialah asisten Jendral Sudirman yang mendampingi dalam berjuang.
C. Udin ialah anak seorang pejuang yang ikut mendampingi Pak Hasan di dapur umum.
D. Udin seorang anak yang putus sekolah sebab ditingga! kedua orang tuanya.

13. Tokoh utama pada kutipan dongeng tersebut adalah......
A. Udin
B. Pak Hasan
C. Jendral Sudirmari
D. Prajurit

14. Latar yang sesuai dengan isi centa tersebut adalah......
A. siang hari di hutan
B. gedung sekolah, hutan
C. perbukitan
D. siang hari di dapur umum

15. Sifat tokoh Pak Hasan dalam dongeng tersebut adalah....
A. sigap
B. dermawan
C. berwibawa
D. pasrah

16. Perhatikan syair berikut!
Sebelumnya tak pernah kurasa pilu
Saat tak kuingat masa lalu
Tapi sekarang sesudah semua berlalu
Betapa saya tertunduk malu
Tak sempat kubalas semua pemberianmu
Tak sempat kutunjukkan pengabdianku
Maafkan aku,ibu

Makna kata pilu pad syair tersebut adalah......
A. prihatin
B. cemas
C. sedih
D. bimbang

Untuk mendapat soal ujian sekolah (USBN) secara lengkap dengan soal uraiannya kalian sanggup lakukan download pdf soal usbn bahasa Indonesia ini melalui tautan yang telah disediakan secara gratis.

Kunci Jawaban

Kunci Jawaban soal USBN Bahasa Indonesia SD tingkat sekolah dasar kelas 6 sd sebagai materi perbandingan dengan kunci balasan yang telah kalian gunakan.
  1. B
  2. A
  3. B
  4. D
  5. D
  6. A
  7. A
  8. B
  9. D
  10. D
  11. C
  12. B
  13. B
  14. D
  15. A
  16. C
  17. A
  18. D
  19. C
  20. D
  21. A
  22. D
  23. A
  24. B
  25. B
  26. B
  27. B
  28. A
  29. D
  30. C
  31. A
  32. A
  33. B
  34. D
  35. A
  36. B
  37. D
  38. B
  39. C
  40. C
Demikian contoh soal latihan ujian USBN mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas 6 sd/mi yang sudah disesuiakan dengan kisi-kisi dan dilengkapi dengan kunci balasan tahun 2018. Selamat Belajar
Download pdf Soal USBN Bahasa Indonesia SD Kelas 6 Terbaru
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url